Pemodelan Robot Pemetik Buah Kelapa Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

  • Fanny j. Doringin Politeknik Negeri Manado
  • Ali A. S. Ramschie Politeknik Negeri Manado

Abstract

Proses panen buah kelapa tergantung dari kebutuhan. Dalam proses panen buah kelapa adabeberapa cara yang biasa dilakukan seperti membiarkannya jatuh saat telah masak, memanjat untuk memilih buah kelapa yang akan dipanen dan menggunakan bambu yang difungsikan sebagai gala untuk mengambil buah keplapa. Dari ketiga cara tersebut kuranglah efektif, karena melibatkan tenaga manusia yang memiliki keterbatasan fisik/tenaga.


Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu pemodelan sistem robotic yang dapat diimplementasikan untuk memanjat pohon kelapa guna proses pemetikan buah kelapa. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini dimulai dengan tahapan studi literatur, studi lapangan untuk memperoleh data-data sehubunagn dengan pembuatan sistem kontrol. Tahapan selanjutnya adalah perancangan perangkat keras yang disimulasikan melalui program Proteus, yang bertujuan untuk memodelkan sistem yang akan dibangun dan dilanjutkan dengan perancangan perangkat lunak berupa pembuatan algoritma untuk kerja sistem. Tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba kerja dari sistem kontrol berdasarkan algoritma system yang dibuat lewat simulasi program proteus.


Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap model robot pemetik buah kelapa, ternyata dapat melakukan proses pemanjatan pohon kelapa, proses turun dari pohon kelapa, proses untuk rotasi kamera sebagai pemantau buah kelapa yang akan dipanen dan proses untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kerja dari mesin pemotong buah kelapa, melalui inputan yang diberikan.

Published
Jun 7, 2022
How to Cite
DORINGIN, Fanny j.; RAMSCHIE, Ali A. S.. Pemodelan Robot Pemetik Buah Kelapa Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Elektrik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-11, june 2022. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/elektrik/article/view/330>. Date accessed: 28 mar. 2024.