Needs Analysis dalam Konteks ESP (English for Specific Purpose): Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Teknik Sipil

Authors

  • Endah P Haryono
  • Donny R.J. Taju
  • Franky F Tombokan
  • Trio P Lonan

DOI:

https://doi.org/10.47600/jtst.v2i3.254

Abstract

Pencapaian pembelajaran bahasa Inggris teknik dengan menggunakan pendekatan khusus atau  ESP  (English  for Specific Purposes) di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado seringkali dapat dikatakan kurang dari memuaskan. Banyak alumni walaupun mereka sudah menguasai bidang ilmu dan profesi dengan begitu bagus di bidang teknik sipil tapi dalam hal berkomunikasi dalam bahasa Inggris di bidang pekerjaan mereka, dapat dikatakan masih sangat kurang. Salah satu indikasi penyebabnya antara lain adalah tidak maksimalnya perencanaan pembelajaran dimana materi yang diberikan sering kali tidak sesuai dengan bidang ilmu yang diampu oleh mahasiswa. Sehubungan dengan hal itu diperlukan adanya suatu perencanaan pembelajaran yang dimulai dengan melaksanakan analisis kebutuhan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan  tujuan khusus (ESP). Penelitian ini menggunakan metode survey berupa kuesioner terstruktur bersifat closed ended untuk mendapatkan data kuantitatif terhadap 4 katagori responden yaitu; mahasiswa  jurusan teknik sipil semester 3 dan 5 D4 KBG Politeknik Negeri Manado, para pengajar bahasa Inggris teknik, pengajar mata kuliah major teknik sipil alumni luar negeri dan beberapa stakeholders perusahaan managemen konstruksi berskala multinasional. Dari data yang diperoleh telah ditemukan rangkuman tentang materi pembelajaran bahasa Inggris yang penting, meliputi 4 bidang ketrampilan berbahasa (language skills) dan language topik yang relevan dengan bidang ilmu dan pekerjaan mahasiswa jurusan teknik sipil. Hasil penelitian ini diharapkan dapat pula digunakan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya, yaitu perencanaan silabus/RPS maupun pengembangan materi bahan ajar bahasa Inggris untuk teknik sipil.

Published

2021-01-27