http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/issue/feed MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN 2025-07-23T04:16:36+00:00 Dr. Jufrina Mandulangi, SE, Msi jufrinam12@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Manajemen, Administrasi Bisnis, dan Pemasaran (MABP) <br>merupakan jurnal yang difokuskan pada tiga cakupan utama yaitu : <br>Manajemen, Administrasi Bisnis dan Pemasaran. Bidang Manajemen <br>mencakup : Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources <br>Management), Manajemen Keuangan (Finance Management), <br>Manajemen Produksi Dan Operasi (Production and Operation <br>Management). Bidang Administrasi Bisnis mencakup : Administrasi <br>Perkantoran (Office Administration), Administrasi Publik (Public <br>Administration), Protokoler (Protocoler), Kesekretariatan (Secretarial). <br>Untuk bidang Pemasaran mencakup : Penjualan (Selling), Multi Media <br>Pemasaran (Multi Media Marketing), Komunikasi Pemasaran <br>(Marketing Communication).</p> http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1172 ANALISIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI OPERASIONAL BANK: STUDI KASUS PADA BANK SULUTGO 2025-07-22T08:10:24+00:00 Willem Gilbert Pomantow gilbertwillem7@gmail.com Meidy Wollah meidywollah73@gmail.com Fresi Beatrix Lendo fresilendo@gmail.com <p>Analisis Teknologi Informasi ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi<br>oleh bank dan bertujuan untuk mencari solusi dan temuan untuk menjadi acuan dalam<br>memperbaiki sistem pelayanan teknologi informasi dalam meningkatkan efisiensi operasional<br>bank. Setiap perusahaan perbankan harus bisa mampu beradaptasi dengan perubahan<br>digitalisasi yang terus melaju dengan inovasi yang lebih canggih dan memudahkan setiap<br>aspek kehidupan manusia. Oleh sebab itu perusahaan peerbankan harus terus meningkatkan<br>sistem teknologi informasi yang ada di dalam perusahaan dan terus mengoptimalisasi sumber<br>daya manusia sehingga penggunaan teknologi berjalan dengan baik dan dapatr meningkatkan<br>efisiensi operasional bank. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan<br>menggunakan metode wawancara, studi kasus, observasi, analisis dokumen dan informasi<br>dalam jurnal maupun buku. Penelitian ini juga akan mengambil dari satu populasi dengan<br>menggunakan metode wawancara lewat pertanyaan tentang permasalahan yang dihadapi<br>dalam penelitian. Populasi yang diambil adalah seluruh pegawai yang ada di divisi<br>operasional dan layanan kantor pusat Bank SulutGo. Dengan jumlah karyawan 10 sampai 15<br>orang dan sampel berupa pertanyaan yang akan diberikan kepada para pegawai untuk<br>menghasilkan informasi data yang akan diolah oleh peneliti</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1173 PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI SULAWESI UTARA 2025-07-22T08:31:32+00:00 Indry Octarina indry.octarina@gmail.com Selfy Manueke selfy@polimdo.ac.id Margaretha A. Rundengan margaretha.rundengan@gmail.com Iyam L. Dua iyam.dua@polimdo.ac.id <p>Di era globalisasi, pegawai diharuskan menghadapi tantangan digitalisasi, tekanan, tuntutan<br>pekerjaan, dan perubahan serta perkembangan yang semakin hari semakin cepat. Tujuan<br>penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai <br>Pada Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara. Jenis penelitian adalah penelitian<br>kuantitatif dan metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian yang<br>mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat<br>pengumpulan data. Populasi yang diambil adalah pegawai Badan Pusat Statistik Provinsi<br>Sulawesi Utara. Para pegawai yang dimaksud berjumlah 82 pegawai namun sampel yang<br>dilibatkan berjumlah 46 responden dengan menggunakan metode rumus slovin. Hasil analisis<br>penelitian nilai koefisien korelasi r=0.675. Hasil analisis jawaban responden untuk variabel<br>kinerja pegawai pada Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara juga termasuk dalam<br>interval kurang baik dengan kualitas dan kuantitas yang harus diperbaiki oleh instansi. Hasil<br>penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier sederhana antara variabel motivasi kerja<br>dan kinerja pegawai adalah Y= 12,361 + 0,565X menunjukkan pengaruh positif dari motivasi<br>kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1174 PENGARUH HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK 2025-07-22T12:42:06+00:00 Jemmry Recy Winokan jemmry.winokan@polimdo.ac.id Margaretha A. Rundengan margaretharundengan@polimdo.ac.id Gabriella Saimima gabrielsaimima@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada konsep harga tiket, yang merujuk pada jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan akses atau memanfaatkan suatu layanan. Harga tiket ini merupakan salah satu elemen penting dalam mempengaruhi persepsi nilai yang diperoleh dari pengalaman yang disediakan. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk menggali lebih dalam mengenai bagaimana harga tiket dapat memengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan setelah menggunakan suatu layanan atau produk. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan pengumpulan data dari 42 responden. Melalui metode ini, peneliti ingin mengidentifikasi dan menganalisis hubungan yang terjalin antara harga tiket dengan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, ditemukan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel pada tingkat signifikansi a = 0,05, dengan nilai t hitung sebesar 3,603 dan t tabel sebesar 1,683. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga tiket dan kepuasan pelanggan, artinya semakin sesuai harga tiket dengan ekspektasi atau persepsi nilai pelanggan, semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan oleh mereka. Dengan kata lain, harga</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1175 RELEVANSI ANTARA STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI D-3 ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI MANADO DENGAN STANDAR KOMPETENSI BIDANG ADMINISTRASI BISNIS 2025-07-23T02:02:20+00:00 Deky Eko Wibowo Mundung meneer.deky@gmail.com Muhammad Kapa Bakary oppobakary@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi antara standar kompetensi lulusan Program Studi D-3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado dengan standar kompetensi bidang administrasi bisnis yang diterapkan di dunia industri. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan sumber data utama dari alumni lulusan angkatan 2023, serta wawancara dengan alumni dan pihak industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas lulusan (61%) telah bekerja penuh/paruh waktu dan sebanyak 70% memperoleh pekerjaan pertama dalam waktu kurang dari enam bulan. Hubungan antara bidang studi dan pekerjaan dinilai cukup relevan oleh alumni dan pengguna lulusan, meskipun ditemukan kesenjangan kompetensi terutama pada penguasaan teknologi informasi dan pengembangan diri. Gap kompetensi terbesar berada pada dimensi digital dan soft skills dengan selisih 4–5 poin dari standar kebutuhan industri. Saran dari penelitian ini adalah pembaruan kurikulum yang mengintegrasikan keterampilan digital dan penguatan soft skills, peningkatan kerja sama dengan dunia usaha dan industri (DUDI), serta penguatan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk lulusan</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1177 THE HISTORY OF DEVELOPMENT AND THE THEORITICAL APPROACH OF DEVELOPMENT 2025-07-23T02:49:45+00:00 Jacob T Makapedua jacob.makapedua@gmail.com Christien Karambut christienkarambut@polimdo.ac.id Cysca Langi cyscalangi@gmail.com <p>Over decades, there are debates about the meaning of development, because of the term of development may mean different things to the different people. However, actually, the terms development was used first time after World War II, when there were political, economic and cultural transformation in most part of the world, which were as fundamental and wide ranging as those proposed by development specialists in the 1950-1960s, but most of the ideas associated with modernisation/development theory had been formulated decades, sometimes centuries earlier.</p> <p>Development also, is an essential purpose that most of people or nations take for granted. Hoping that the development will result in the changing of political, economic and social institutions.&nbsp; Economic progress is an essential component, but not the only component. Some theorists viewed that the process of development as a series of successive stages of economic growth through which all countries must pass. Some theorists also critic this argument. However, some theorists also critic the argument of growth as indicators of development.</p> <p>According to Simone and Feraru : 12, the development involves a broad range of belief, and attitudes that individual must aquire to adjust to the demands placed on them by social and geography mobility, broader political allegiances, economic growth, and technology that requires literacy, openness to new experiences, punctuality and working with people in close proximity and under condition fixed by large organisation rather than landlords and dictates of nature. Moreover, Simone and&nbsp; Ferraru state that development or modernisation is a term to describe the structural and behavioural changes that a society undergoes in the process of acquiring an industrial system or production and distribution.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1178 PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA AWAK KABIN PT. CITILINK INDONESIA 2025-07-23T03:13:33+00:00 Jessica Natasha Purnomo jessica.purnomo@gmail.com Cysca Langi cyscaikelangi@gmail.com Precylia Ribka Rambing precylia.ribka87@gmail.com Sylvi Sambuaga silvy.sambuaga@gmail.com Risma Simamora rismasimamora@gmail.com <p>Dalam penulisan skripsi ini permasalahan yang diangkat adalah Apakah pelatihan memiliki dampak signifikan terhadap kinerja para pegawai di PT. Citilink Indonesia pada bagian Awak Kabin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pelatihan memiliki dampak signifikan terhadap kinerja awak kabin di PT. Citilink Indonesia. Metode yang digunakan meliputi analisis statistik regresi linear sederhana, dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,639 menunjukkan hasil positif yang mengindikasikan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara pelatihan dengan kinerja awak kabin. Sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,409 menunjukkan bahwa 40,9% kinerja awak kabin dipengaruhi oleh pelatihan, sementara 59,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t-hitung sebesar 5,576 yang lebih besar dari t-tabel 2,014 dengan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja awak kabin di PT. Citilink Indonesia.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1179 EKSPLORASI KETAKUTAN DAN HARAPAN KARYAWAN TERHADAP OTOMATISASI BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA: STUDI FENOMENOLOGIS PADA SEKTOR PER-BANKAN 2025-07-23T03:22:31+00:00 Alfian Ranny Poluan arpoluan@gmail.com Irvans Reindy Christian Tiwatu christiantiwatu@gmail.com Fresi Beatrix Lendo fresilendo@gmail.com Gratia Natrina Kaparang granat.liem@gmail.com <p>Pesatnya perkembangan kecerdasan buatan (AI) mendorong otomatisasi berbagai tugas didunia kerja, menimbulkan dinamika emosional yang kompleks pada karyawan. Pemahaman mendalam tentang pengalaman subjektif karyawan terkait perubahan ini penting untuk manajemen transisi yang efektif dan berkeadilan Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam dan memahami esensi pengalaman subjektif karyawan terkait ketakutan dan harapan yang dirasakan dalam menghadapi implementasi otomatisasi berbasis AI dilingkungan kerja. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam semi terstruktur terhadap 10 informan kunci yang merupakan teller pada sektor perbankan. Hasil dari penelitian ini menggambarkan apa yang dirasakan oleh karyawan teller ketika pergantian manusia oleh AI dan juga harapan yang berupa peningkatan kompetensi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan teknologi yang ada saat ini.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1180 PENGELOLAAN MANAJEMEN ARSIP DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT PERIKANAN INDONESIA CABANG BITUNG 2025-07-23T03:38:09+00:00 Maeann Dianesary Adilang maeannadilang05@gmail.com Iyam L Dua iyampantulu@gmail.com Vekky Supit vekky.supit@gmail.com <p>Manajemen arsip yang baik diperlukan untuk mendukung pentingnya arsip dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya dan meningkatkan kinerja pengumpulan informasinya. Memelihara dan mengelola arsip sangat penting bagi setiap organisasi. Kinerja karyawan akan menurun jika organisasi atau tempat kerja memiliki manajemen pencatatan yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen arsip dalam meningkatkan efektivitas kerja pegawai pada PT Perikanan Indonesia Cabang Bitung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian dengan membandingkan teori-teori yang ada dengan kenyataan di lapangan, lalu menganalisisnya dalam bentuk verbal. dalam pengumpulan data-data dipergunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen perusahaan. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan manajemen arsip pada PT Perikanan Indonesia Cabang Bitung belum optimal sehingga masih diperlukan adanya pembenahan-pembenahan dalam segi pengguna arsip</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1181 PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVI-TAS KERJA PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI SULAWESI UTARA 2025-07-23T03:49:18+00:00 Dewi Gabriela Luwuk dewigbrlla@gmail.com Juliet Makinggung julietmakinggung22@gmail.com Diana Maramis diana.maramis@gmail.com <p><em>Human resources have an important role in a job and quality human resources can be seen from the work productivity of employees. There are several factors that can affect employee work productivity, one of which is work facilities. The purpose of this study was to determine work facilities, work productivity, and the effect of work facilities on work productivity at the Central Bureau of Statistics of North Sulawesi Province. The data collection techniques used in this study were observation, literature study, and questionnaires. This study used a field survey research method with a quantitative approach. The title of this study is <strong>"The Influence of Work Facilities on Employee Work Productivity at the Central Bureau of Statistics of North Sulawesi Province"</strong>. Researchers conducted field observations with a total sample of 46 people with a non- probability sampling method using purposive sampling. The location of this research was carried out at the Central Bureau of Statistics of North Sulawesi Province. Using primary data with the results of the values above that t count &gt; t table, namely 6.382 &gt; 1.680, then Ha is accepted and Ho is rejected. It can be concluded that work facilities have a significant effect on employee work productivity at the Central Bureau of Statistics of Sulawesi Province, in this case if work facilities are good then employee work productivity will increase</em></p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1182 PENGUATAN SDM SEBAGAI KUNCI KINERJA UNGGUL DI ERA TRANSFORMASI TEKNOLOGI DAN DIGITAL 2025-07-23T04:06:07+00:00 Jufrina Mandulangi jufrinam12@gmail.com Sjeddie Rianne Watung sjeddierwatung@unima.ac.id Asterlita Ryane Wenas asterlitaryane@gmail.com Precylia Ribka Rambing precylia.ribka87@gmail.com <p>Dalam lanskap bisnis yang dipengaruhi oleh globalisasi, perusahaan dihadapkan pada kompleksitas tinggi dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) guna meningkatkan efektivitas kinerja individu. Studi ini bertujuan untuk menelusuri berbagai pendekatan strategis dalam manajemen SDM yang dapat diimplementasikan untuk mendorong peningkatan kinerja di tengah perubahan global yang dinamis. Fokus utama diarahkan pada pemanfaatan teknologi terkini, peningkatan kapasitas keterampilan tenaga kerja, serta penguatan motivasi melalui program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan.</p> <p>Selain itu, pembentukan budaya organisasi yang inklusif dan adaptif diidentifikasi sebagai elemen penting dalam menciptakan ekosistem kerja yang kondusif. Penelitian ini juga menggarisbawahi peranan kepemimpinan yang proaktif dalam mendorong inovasi serta pentingnya komunikasi yang efektif sebagai fondasi keberhasilan mempertahankan kinerja optimal di era global. Diharapkan, hasil kajian ini dapat memberikan kontribusi praktis bagi manajer SDM dalam merancang dan menjalankan kebijakan strategis yang mendukung pencapaian kinerja berkelanjutan.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/1183 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK GOROHO NUGGET FROZEN (GOGGET) DI KELURAHAN TELING TINGKULU KOTA MANADO 2025-07-23T04:16:36+00:00 Wingston Markus Jusuf Longdong wingstonlongdong17@gmail.com Vincentius Pantow angkyvincent902@gmail.com Rionaldo Jefferson Runtulalo rionaldor006@gmail.com Friska Mailangkay friskamailangkay@gmail.com <p>Goroho Nugget Frozen (Gogget) adalah sebuah produk yang di buat oleh salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Manado pada tahun 2022, namun produk ini di kembangkan pada akhir tahun 2023. Goroho nugget frozen ini merupakan makanan yang diolah dengan bahan baku utamanya dari pisang goroho. Pisang goroho atau <em>Musa acuminafe, sp </em>ini adalah pisang yang banyak ditemukan disulawesi khususnya Sulawesi tara. Dengan rasa yang berbeda dari pada pesaingnya, gogget berusaha berinovasi dengan menggunakan banyak cara. Salah satu cara untuk mengembangkan produk gogget dengan merancang media promosi sebagai langkah awal untuk mempromosikan, menjual, dan membangun nama baik gogget. Karena merupakan produk yang baru tentu saja gogget membutuhkan wadah sebagai tempat promosi dan juga sebagai tempat untuk memperkenalkan produk ini kepada masyarakat luas, oleh karena itu platform Tiktok merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk melakukan perancangan media promosi itu. Di zaman modern saat ini, sudah banyak sekali yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Dengan pemanfaatan teknologi yang ada dapat mempermudah usahawan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ada. Perancangan media promosi ini berfokus pada visual profil akun Tiktok "gogget " dengan konten-konten yang menarik untuk dilihat. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam perancangan media promosi ini dapat menghasilkan strategi komunikasi yang lebih terarah sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga terciptanya tujuan dari penelitian ini yaitu kesadaran merek (brand awareness).</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN