Rancang Bangun Sistem Peralatan Listrik Dengan Aplikasi Android Voice Kontroler

  • Tracy Marsela Kereh Politeknik Negeri Manado
  • Sukandar Sawidin POLITEKNIK NEGERI MANADO TEKNIK ELEKTRO
  • Yohanis S. Rompon POLITEKNIK NEGERI MANADO TEKNIK ELEKTRO
  • Deitje Pongoh POLITEKNIK NEGERI MANADO TEKNIK ELEKTRO

Abstract

Perkembangan pesat teknologi komunikasi seluler memungkinkan penggabungan teknologi seluler ke dalam sistem mikrokontroler guna pengontrolan peralatan listrik. Dalam hal ini pengontrolan peralatan listrik seperti lampu, kipas dan AC dilakukan melalui perintah suara tanpa perlu bergerak berpindah tempat untuk menyalakan atau mematikan peralatan listrik tersebut.


Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan peralatan listrik dengan gelombang suara mengunakan aplikasi Android Blueetooth Voice Kontroler. Peralatan listrik nantinya akan diaktifkan atau dinonaktifkan mengikuti perintah yang diucapkan yang sudah diprogram dalam aplikasi Arduino pada smartphone android.


Berdasarkan hasil pengujian pada prototype sistem kontrol peralatan listrik, bila aplikasi Android Arduino Bluetooth Voice Controller diaktifkan dan diucapkan perintah  : Kipas ON / Kipas OFF,  Nyalakan Lampu / Matikan Lampu, Nyalakan AC /  Matikan AC, maka peralatan listrik tersebut akan ON/OFF setelah perintah suara diberikan.


 

Published
Jul 31, 2022
How to Cite
KEREH, Tracy Marsela et al. Rancang Bangun Sistem Peralatan Listrik Dengan Aplikasi Android Voice Kontroler. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43-55, july 2022. ISSN 2961-7790. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/341>. Date accessed: 29 mar. 2024.