Pengaruh Bahan Tambah Serabut Kelapa dan Bahan Substitusi Fly Ash Terhadap Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Belah Beton

  • Andrito Ekel Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado
  • Rilya Rumbayan Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado
  • Merci Freki Hosang Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Beton memiliki karakteristik kuat terhadap gaya tekan,tetapi memiliki nilai kuat tarik yang rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi pencampuran beton dengan bahan tambah serat yang elastis, salah satunya menggunakan serabut kelapa di dalam beton. Abu batubara merupakan bagian dari sisa pembakaran batubara. Sifat kimia yang dimiliki oleh fly ash berupa silica dan alumina dengan persentase mencapai 80% ini menjadikan fly ash sebagai material pengganti semen.


Pada penelitian ini terdapat 3 komposisi beton yaitu beton normal, beton  penambahan 0,125 % serabut kelapa dan 12,5 % fly ash pengganti semen, dan yang terakhir adalah beton dengan penambahan 0,2 % serabut kelapa serta 12,5 % fly ash pengganti semen. Semua beton tersebut melewati pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah beton untuk mengetahui pengaruhnya.


Pengaruh penambahan serabut kelapa dan bahan substitusi fly ash tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil nilai kuat tekan, tetapi pada nilai kuat tarik belah terjadi perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penambahan serabut kelapa dan bahan substitusi fly ash dapat meningkatkan nilai kuat tarik beton yang rendah.

Published
Jul 31, 2022
How to Cite
EKEL, Andrito; RUMBAYAN, Rilya; HOSANG, Merci Freki. Pengaruh Bahan Tambah Serabut Kelapa dan Bahan Substitusi Fly Ash Terhadap Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Belah Beton. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 273-280, july 2022. ISSN 2961-7790. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/388>. Date accessed: 29 mar. 2024.