Analisis Daya Dukung Pondasi Bored Pile Jembatan Kalasey Dengan Tes PDA Pada Jalan Manado Outer Ringroad III STA 9+799
Abstract
Abstrak
Penelitian dilakukan pada Jembatan Kalasey di Jalan Manado Outer Ringroad III (MORR 3) STA 9+799. Pile Driving Analyzer (PDA) test merupakan test dinamis dengan persamaan case method terhadap suatu tiang untuk mengolah data. Tujuan penelitian adalah menghitung daya dukung ultimit (Qu) tiang bor, dan membandingkan dengan hasil pengujian PDA-PAX yang dianalisa dengan bantuan software CAPWAP (Case Pile Wave Analysis Program). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lapangan, serta studi literatur. Perhitungan daya dukung menggunakan metode Reese and Wright berdasarkan data SPT (Standart Penetration Test), dan beban struktur dihitung secara manual.
Hasil perhitungan Qu pada abutment 2 adalah 979,73 ton, dan kapasitas dukung ijin (Qa) adalah 326,58 ton. Kapasitas dukung kelompok tiang (Qg) sebesar 2900 ton, dan jumlah tiang dalam kelompok adalah 4 (empat) tiang. Hasil pengujian PDA di abutment 2, pada tiang No. 25 dan 36 dengan berat hammer sebesar 5,24ton, serta jumlah pukulan 1 kali, diperoleh Qu sebesar 249ton dan 504ton secara berurutan. Penurunan maksimum pada tiang No. 25 dan 36 adalah 7mm dan 4mm, serta penurunan permanen 3mm dan 2mm, secara berurutan.
Selanjutnya, dengan menggunakan metode Reese and Wright, diperoleh jumlah tiang adalah 4 tiang, sedangkan kondisi ril di lapangan digunakan 18 tiang. Hasil evaluasi menunjukkan adanya selisih jumlah tiang yang menyolok, dikarenakan metode yang digunakan, serta beberapa pendekatan/asumsi yang diambil dalam proses analisis berbeda.