Penyusunan Laporan Keuangan menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM pada BUMDesa Mapalus Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara

  • Jerry Sonny Lintong POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Raykes H Tuerah POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Lusye C Kumaat POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Yelly Sj Paendong POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Fanjili G Mamonto POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Marcelino P Lintong POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI
  • Gita G Santi POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN AKUNTANSI

Abstract

Kebanyakan permasalahan BUMDesa di Sulawesi Utara masih dikelola secara paruh waktu. Artinya pengurus yang mengelola entitas belum sepenuhnya bekerja full time, karena selain mengelola entitas mereka juga mempunyai pekerjaan utama lainnya. Program diseminasi produk teknologi ke masyarakat ini dimaksudkan untuk memudahkan pengelola BUMDesa dalam menyusun laporan keuangan entitas, yang dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Akuntansi UKM dengan menggunakan android, yang dapat dikerjakan dimana saja walaupun tanpa jaringan internet. Dengan penggunaan aplikasi ini lebih memudahkan praktisi BUMDesa, karena dapat mengurangi kegiatan klerikal.


Kegiatan pengabdian ini bertujuan : (1). Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra memanfaatkan teknologi informasi, akan meningkatkan performance usahanya karena pencatatan transaksi tidak lagi menggunakan tulis tangan, tapi langsung di entry di android. (2). Tersedianya laporan keuangan BUMDes yang comprehensive, dan (3). Meningkatnya kemitraan Polimdo dengan IDUKA. Metode yang digunakan berupa seminar, focus group discussion, dan workshop dengan pemerintah desa Watutumou III dan pengelola BUMDesa Mapalus. Saat pelaksanaan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian karena langsung mempraktekkan di android masing-masing, seperti cara mengisi menu pengaturan, setting kode akun, entry data transaksi, dan melihat menu laporan keuangan.

Published
Jun 30, 2022
How to Cite
LINTONG, Jerry Sonny et al. Penyusunan Laporan Keuangan menggunakan Aplikasi Akuntansi UKM pada BUMDesa Mapalus Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-6, june 2022. ISSN 2797-4065. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/306>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)