Analisis Keandalan Sistem Distribusi 20 kV ULP Sungguminasa Penyulang Pallangga Menggunakan Metode Section Technique dan Reliability Index Assessment (RIA)

  • Latifah Indrayani Hidayat Politeknik Negeri Ujung Pandang

Abstract

Sistem distribusi merupakan bagian dari sistem tenaga listrik yang paling dekat atau efeknya sangat dirasakan oleh masyarakat. Analisis terhadap keandalan sistem pendistribusian daya listrik sangat diperlukan agar penyedia jasa atau layanan dapat mengetahui seberapa andal sistem tersebut mampu menyuplai energi listrik kepada pelanggan. Untuk mengetahui keandalan suatu sistem diperlukan indeks keandalan. Mencari nilai indeks keandalan SAIFI dan SAIDI dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti Section Technique dan Reliability Index Assessment (RIA).  Maksud dari penggabungan metode Section Technique dengan RIA yaitu menggabungkan parameter sustained failure rate dengan parameter momentary failure rate pada perhitungan laju kegagalannya. Penggabungan ini diharapkan bisa menutupi kekurangan pada metode RIA yang hanya memperhatikan parameter momentary failure rate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai indeks keandalan penyulang Pallangga yang memiliki 6544 jumlah pelanggan dengan variasi beban berupa beban industri dan beban rumah tangga. Hasil perhitungan nilai SAIFI penyulang Pallangga adalah sebesar 1,77 kegagalan/tahun dan nilai SAIDI sebesar 5,636 jam/tahun untuk metode Section Technique. Sedangkan untuk metode gabungan didapatkan nilai SAIFI sebesar 1,893 kegagalan/pelanggan/tahun dan nilai SAIDI sebesar 6,156 jam/pelanggan/tahun. Berdasarkan hasil akhir tiap metode yang digunakan, dapat diketahui bahwa nilai keandalan penyulang Pallangga masih memenuhi standar PLN atau penyulang ini masih terbilang andal.

Published
Jan 12, 2023
How to Cite
HIDAYAT, Latifah Indrayani. Analisis Keandalan Sistem Distribusi 20 kV ULP Sungguminasa Penyulang Pallangga Menggunakan Metode Section Technique dan Reliability Index Assessment (RIA). Jurnal Elektrik, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-60, jan. 2023. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/elektrik/article/view/451>. Date accessed: 18 may 2024.