Pengaruh Substitusi Abu Terbang PLTU Amurang Terhadap Campuran Roller Compacted Concrete

  • Rifaldi Olii Politeknik Negeri Manado
  • Fery Sondakh POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN TEKNIK SIPIL
  • Teddy Takaendengan POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN TEKNIK SIPIL

Abstract

Abstrak


          Roller Compacted Concrete atau beton padat giling adalah campuran beton yang memiliki slump nol dengan factor air semen rendah, beton yang dipadatkan dengan menggunakan alat pemadat roller ini ditambahkan fly ash yang merupakan pozzolan, pozzolan adalah bahan tambah yang mengandung senyawa silica dan aluminium yang mana senyawa ini banyak terkandung pada semen (bersifat mengikat). Tujuan ditambahkannya fly ash pada campuran ini untuk mencegah terjadinya panas hidrasi yang berlebih dari semen serta sebagai penyedia agregat yang kurang dari ayakan no. 200 untuk memenuhi kebutuhan pasta serta dapat meningkatkan workability (kemudahan pekerjaan).


          Perencanaan campuran beton berpedoman pada SNI 03-2834-2000 “Tata cara pembuatan rencana campuran beton normal” dan disesuaikan pada ACI 207.5R-99 “Roller-Compacted Mass Concrete”. Kuat tekan beton yang diisyaratkan sebesar 25 MPa dengan umur pengujian 7, 14 dan 28 hari menggunakan benda uji kubus dan balok serta pemadatannya disimulasikan menggunakan alat pemadat standard proctor.


            Hasil pengujian kuat tekan beton RCC Normal sebesar 25,45 MPa dan didapati hasil optimal berada pada variasi 15% fly ash dengan nilai kuat tekan sebesar 26,65 MPa pada umur pengujian 28 hari dan untuk hasil kuat lentur didapati pada variasi RCC Normal sebesar 6,24 MPa dan variasi 15% fly ash sebesar 6,59 MPa pada umur 28 hari

Published
Jul 31, 2022
How to Cite
OLII, Rifaldi; SONDAKH, Fery; TAKAENDENGAN, Teddy. Pengaruh Substitusi Abu Terbang PLTU Amurang Terhadap Campuran Roller Compacted Concrete. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 334-344, july 2022. ISSN 2961-7790. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/408>. Date accessed: 22 july 2024.