Analysis of the Cost of Transporting Garbage Using a Three-Wheeled Vehicle In Kairagi Dua Village, Manado City

  • Ever N Slat POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN TEKNIK SIPIL
  • Teddy Takaendengan POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN TEKNIK SIPIL
  • Franky R Tombokan POLITEKNIK NEGERI MANADO JURUSAN TEKNIK SIPIL

Abstract

Dalam suatu sistem pengelolaan sampah, terbentuk beberapa sistem yang semuanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan.


Salah satu masalah dalam pengelolaan sampah perkotaan adalah sistem transportasi. Untuk sistem transportasi, masih banyak menggunakan kendaraan roda tiga dengan usia kendaraan rata-rata di atas 10 tahun dengan kapasitas kurang lebih 2 m3.


Penelitian ini dilakukan di Kota Manado, khususnya di Kelurahan Kairagi Dua dan metode yang digunakan untuk mendapatkan jarak tempuh, jumlah putaran, jumlah kendaraan pengangkut, volume sampah yang diangkut adalah dengan pengamatan langsung. Untuk menghitung biaya pengangkutan sampah digunakan perhitungan matematis.


Dari data yang diperoleh diketahui bahwa Kelurahan Kairagi Dua salah satu dari kelurahan yang ada di kecamatan Mapanget. Mempunyai armada pengangkutan roda tiga sebanyak 4 (empat) unit. Kapasitas angkut adalah 2 m3. Setiap kendaraan memiliki total 4 perjalanan pulang pergi per hari.


Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) jarak terjauh adalah 5,6 Km2) biaya tetap per tahun adalah biaya operasional, BBM, upah pekerja 3) biaya pengangkutan sampah adalah biaya operasional ditambah biaya pekerja ditambah biaya bahan bakar dibagi dengan volume sampah yang diangkut.


Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa biaya pengangkutan sampah di Kelurahan Kairagi Dua dengan menggunakan kendaraan jenis roda tiga rata-rata sebesar Rp. 58.340/ton sampah

Published
Dec 22, 2022
How to Cite
SLAT, Ever N; TAKAENDENGAN, Teddy; TOMBOKAN, Franky R. Analysis of the Cost of Transporting Garbage Using a Three-Wheeled Vehicle In Kairagi Dua Village, Manado City. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-9, dec. 2022. ISSN 2961-7790. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/484>. Date accessed: 22 july 2024.