PELATIHAN APLIKASI WEBSITE UNTUK INFORMASI PROGRAM KEGIATAN DAN LAPORAN KEUANGAN PADA KPA GMIM MUSAFIR KLEAK, KECAMATAN MALALAYANG, KOTA MANADO

  • Joseph N Tangon Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Jeffry Otniel Rengku2 Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Juliati V Kaempe Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Jacqlin Pongajow4 Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Jesita Relahalu Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Michella Malumbot Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Juliati V Kaempe Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Angellica Kalangi Akuntansi, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Masalah utama yang dihadapi mitra dalam mengelola keuangan gereja yaitu pengelola keuangan gereja belum mampu menyusun menginformasikan program kegiatan, laporan keuangan dan pencatatan aktvitas keuangan gereja terlebih dalam memaksimalkan teknologi informasi. Pengabdian Pada Masyarakat Mahasiswa (PPM-M) ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi informasi program kegiatan dan pengelolaan keuangan gereja berbasis teknologi informasi website pada KPA Jemaat GMIM Musafir Kleak, Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Manado. Salah satu bentuk peningkatan pengelolaan keuangan gereja yaitu dengan mengoptimalkan pelaporan keuangan. Metode kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa ini menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan aplikatif. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahap, meliputi: (1) pengetahuan pengelolaan dan laporan keuangan gereja menggunakan website, (2) sosialisasi pentingnya peran laporan keuangan gereja bagi masyarakat; (3) pelatihan cara pengelolaan keuangan gereja menggunakan teknologi informasi berbasis website; (4) memberikan aplikasi website laporan keuangan untuk digunakan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan penyusunan laporan keuangan dan pengelolaan keuangan gereja menggunakan basis website. Informasi yang dihasilkan berupa transparansi program kegiatan dan laporan keuangan bagi yang membutuhkan. Penyuluhan dan pelatihan mampu menyadarkan masyarakat khususnya anggota jemaat yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan keuangan gereja.

Published
Dec 2, 2023
How to Cite
TANGON, Joseph N et al. PELATIHAN APLIKASI WEBSITE UNTUK INFORMASI PROGRAM KEGIATAN DAN LAPORAN KEUANGAN PADA KPA GMIM MUSAFIR KLEAK, KECAMATAN MALALAYANG, KOTA MANADO. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 6-10, dec. 2023. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/817>. Date accessed: 27 july 2024.