PEMANFAATAN BAJA RINGAN UNTUK PEMBUATAN TERAS GGP JEMAAT HOSANA BUKITTINGGI KECAMATAN KAKAS BARAT KABUPATEN MINAHASA PROPINSI SULAWESI UTARA

  • Jeanely Rangkang Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri
  • Fery Sondakh Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri

Abstract

Desa Bukittinggi merupakan salah satu desa di Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa, yang didirikan pada tahun 1937. Total penduduk kurang lebih 1000 jiwa, yang berdasarkan pekerjaan, mayoritas penduduk adalah nelayan dan petani. Mitra pengabdian merupakan suatu kelompok social keagamaan yakni Gereja Gerakan Pentakosta Jemaat Hosana Bukittinggi, dengan alamat Jaga II Desa Bukittinggi Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Jemaat Hosana Bukittinggi saat ini beranggotakan 26 Kepala Keluarga (KK) dengan anggota jemaat berjumlah 77 jiwa. Gereja Gerakan Pentakosta Jemaat Hosana Bukittinggi sekarang ini dipimpin oleh Pendeta/Gembala Jemaat Bapak Pendeta Maksi Pongayouw. Observasi lapangan ditemui bahwa, bagian depan bangunan gereja tidak ada teras yang tertutup atap. Selain itu, atap/plafon bagian depan bangunan gereja cukup tinggi, dan jarak tirisan luar atap dengan dinding bangunan gereja jang tidak cukup lebar (± 1 m) mengakibatkan air hujan yang tertiup angin, akan masuk ke dalam ruang peribadatan. Hal ini menyebabkan lantai (yang tertutup tegel dengan tekstur licin) pada bagian dalam bangunan gereja menjadi basah dan licin, sehingga rawan kecelakaan (terpeleset).


Mengacu pada uraian di atas, maka lingkup permasalahan yang ditangani, serta solusi yang hendak diberikan melalui program PPM-M adalah: pembuatan teras depan seluas ± 40 m2 menggunakan material baja ringan pada Gereja Gerakan Pentakosta Jemaat Hosana Bukittinggi Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Pelaksanaan pekerjaan pembangunan teras gereja sudah dilaksanakan pada Tanggal 18-20 Juli 2023, dan harus menggunakan tenaga kerja khusus, karena teknologi pelaksanaan pekerjaan material baja ringan belum dikuasai oleh tenaga kerja lokal.

Published
Dec 2, 2023
How to Cite
RANGKANG, Jeanely; SONDAKH, Fery. PEMANFAATAN BAJA RINGAN UNTUK PEMBUATAN TERAS GGP JEMAAT HOSANA BUKITTINGGI KECAMATAN KAKAS BARAT KABUPATEN MINAHASA PROPINSI SULAWESI UTARA. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 14-18, dec. 2023. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/819>. Date accessed: 27 july 2024.