PEMBUATAN ATAP BAJA RINGAN DAN PAGAR PELINDUNG MASJID AN NUR PERUMAHAN BTN AL KEL. KAIRAGI DUA, KEC MAPANGET KOTA MANADO

  • Artian Sirun Artian Artian Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado
  • Priyono Priyono Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado
  • Franklin Bawano Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Masjid merupakan salah satu fasilitas umum tempat ibadah sebagai lokasi pengabdian kepada masyarakat dan mahasiswa, untuk kenyamanan ibadah harus ditunjang sarana yang baik dan nyaman sehingga kekurangannya harus diselesaikan. Dalam hal ini sarana atap tempat wudhu dan pagar pengaman masjid belum tersedia.


Permasalahan pada masjid An Nur di Politeknik adalah belum adanya atap pada tempat wudhu dan pagar pengaman masjid. Sebelumnya kondisi tempat wudhu belum memiliki atap sehingga disaat hujan masyarakat tidak nyaman untuk berwudhu dan belum memiliki pagar pengaman sehingga membahayakan masyarakat. Karena itu solusi yang ditawarkan adalah pembuatan atap dengan menggunakan baja ringan pada tempat wudhu dan pagar pengaman masjid dengan menggunakan wire mesh serta material penunjang lainnya.


Melalui Program Penerapan Iptek Pada Masyarakat (PIM) ini telah dilaksanakan pekerjaan pembuatan atap baja ringan dan pagar pengaman masjid.


Dari hasil musyawarah diambil kesepakatan antara Tim PIM Politeknik Negeri Manado dan pengurus masjid dibuat dimana masyarakat bersama mahasiswa dan tim pelaksana PIM bersama-sama dalam memfasilitasi persiapan pekerjaan dan mengerjakan pekerjaan tersebut.


Luaran yang ditargetkan adalah: Kegiatan ini dipublikasikan pada media massa pada media masa cetak atau online sebagai informasi pengabdian masyarakat, video kegiatan dari masyarakat, mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan, seminar Poster digital, luaran tambahan berupa keterlibatan masyarakat dan peningkatan kedisiplinan serta partisipasi mahasiswa dalam kegiatan PIM melalui video kegiatan yang diupload di YouTube P3M.

Published
Dec 2, 2023
How to Cite
ARTIAN, Artian Sirun Artian; PRIYONO, Priyono; BAWANO, Franklin. PEMBUATAN ATAP BAJA RINGAN DAN PAGAR PELINDUNG MASJID AN NUR PERUMAHAN BTN AL KEL. KAIRAGI DUA, KEC MAPANGET KOTA MANADO. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 33-36, dec. 2023. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/827>. Date accessed: 27 july 2024.