PEMASANGAN DAN PERBAIKAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI DESA PASLATEN KECAMATAN TATAPAAN

  • Donald B Noya Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Fanny J Doringin Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Johan Pongoh Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Tony Wungkana Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Sonny Kasenda Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Sasaran awal dari kegiatan ini adalah beberapa rumah tinggal yang yang instalasi listriknya terpasang tapi belum memenuhi standar.  Mitra dari program PIM berlokasi di jaga III desa Paslaten kecamatan Tatapaan kabupaten Minahasa tenggara. Secara ekonomis mitra tergolong kurang mampu dan sangat layak untuk mendapatkan bantuan dalam hal memberi pengetahuan dan mendapatkan bantuan perbaikan instalasi listrik rumah tinggal.  Mengingat masalah instalasi listrik telah menimbulkan / mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materil yang sangat besar, maka program ini akan sangat membantu mitra.


Adapun tujuan program ini , yaitu untuk memberikan  pengetahuan dan keterampilan dalam hal instalasi listrik serta melakukan pemasangan dan perbaikan instalasi listrik yang belum terpasang dengan benar. Keamanan instalasi listrik dalam rumah menjadi faktor yang sangat penting untuk keamanan rumah tinggal serta melakukan perbaikan instalasi listrik rumah tinggal dari mitra.


 Metode  yang  dilaksanakan dalam program  ini meliputi : penyuluhan  , diskusi , pemasangan dan perbaikan instalasi listrik serta evaluasi dengan harapan agar mitra  dapat memiliki instalisi listrik yang baik dan memenuhi standar sehingga tidak ada rasa kuatir dan takut selama berada di dalam rumah.   Mitra sangat mendukung program ini dengan menfasilitasi lokasi untuk pelaksanaan kegiatan  dan  bersedia mendampingi untuk kelanjutan dari pelaksanaan program.

Published
Dec 2, 2023
How to Cite
NOYA, Donald B et al. PEMASANGAN DAN PERBAIKAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI DESA PASLATEN KECAMATAN TATAPAAN. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 49-52, dec. 2023. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/840>. Date accessed: 27 july 2024.