Pemetaan Sarana dan Prasarana Menggunakan Foto Udara untuk Menunjang Sektor Pariwisata di Desa Wisata Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara

  • Tampanatu P.F Sompie Politeknik Negeri Manado
  • Vicky A. Assa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado
  • Helen G. Mantiri Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado
  • Isak Korompis Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado
  • Andika Sembiring Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado

Abstract

Desa Wisata Budo, Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi sumber daya alam yang indah dan eksotik sehingga dapat menarik pengunjung berupa wisatawan baik lokal, nasional, maupun internasional untuk datang berkunjung menikmati pesona alam yang ada. Oleh karena itu, untuk menunjang potensi wisata yang sudah ada, maupun yang masih bisa dikembangkan diperlukan suatu metode yang efektif dan efisien dalam memetakan sarana dan prasarana di Desa Wisata Budo, sehingga dapat dilakukan perencanaan dan pengembangan lahan dan infrastruktur yang lebih baik. Hasil sosialisasi dengan pemerintah desa setempat bahwa ada beberapa kebutuhan, dimana ketersediaan peta foto udara yang memadai serta yang terbaru di desa ini yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan potensi desa merupakan kendala yang ada. Teknologi drone merupakan salah satu solusi untuk melakukan pemetaan sarana dan prasarana dengan cara yang lebih cepat, akurat, dan efisien. Tujuan dari pemanfaatan teknologi drone sebagai alat untuk melakukan pemetaan sarana dan prasarana di Desa Wisata Budo, Kabupaten Minahasa Utara, adalah untuk menghasilkan peta foto udara yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan lokasi dan infrastruktur desa. Program kegiatan Penerapan Iptek pada Masyarakat (PIM) ini menggunakan metode foto udara dengan alat drone. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan dimanfaatkan untuk memetakan sarana dan prasarana di Desa Wisata Budo seperti bangunan publik, area wisata, dan jalan. Luaran dari kegiatan ini berupa peta hasil dari foto udara yang memuat sarana dan prasarana di Desa Wisata Budo. Peta ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat desa, khususnya dalam pengelolaan sumber daya desa yang sangat besar di sektor pariwisata.

Published
Jun 29, 2024
How to Cite
SOMPIE, Tampanatu P.F et al. Pemetaan Sarana dan Prasarana Menggunakan Foto Udara untuk Menunjang Sektor Pariwisata di Desa Wisata Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 19 - 25, june 2024. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/906>. Date accessed: 02 july 2024.