PERANCANGAN DAN PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK PENERANGAN DI GEREJA BAPTIS PENGHARAPAN CABANG TOMOHON

  • Sukandar Sawidin Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Muchdar Dg Patabo Program Studi D-IV Teknik Listrik, Jurusan Teknik Eleketro, Politeknik Negeri Manado
  • Samsu Tuwongkesong Program Studi D-IV Teknik Listrik, Jurusan Teknik Eleketro, Politeknik Negeri Manado
  • Maruto S Loegimin Program Studi D-IV Teknik Listrik, Jurusan Teknik Eleketro, Politeknik Negeri Manado
  • Donald B. Noya Program Studi D-IV Teknik Listrik, Jurusan Teknik Eleketro, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Jemaat Gereja Babtis Pengharapan Cabang Tomohon sedang membangun Gereja Baptis Pengharan Cabang Tomohon yang berlokasi di Woloan II Desa Lansot Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon. Untuk beribadah masih menggunakan rumah semi permanen yang belum ada instalasi listriknya. Sehingga apabila ada kegiatan ibadah di malam hari masih menyambung instalasi Listrik tetangga atau menggunakan lampu charge. Berdasarkan hal tersebut dengan adanya Kegiatan program Pengabdian Pada Masyarakat- Mahasiswa (PPM-M) ini akan dilakukan perancangan dan pemasangan  instalasi Listrik di tempat ibadah Gereja Baptis Pengharapan dengan tujuan menggunakan salah satu model pembelajaran Project Based Learning kepada mahasiswa Teknik Listrik Prodi D-III Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado. Dengan mentransformasi konsep pembelajaran Project Based Learning (PBL) merupakan paradigma baru model pembelajaran yang berbasis proyek riil untuk memastikan soft skills dan hard skills, serta karakter kuat para mahasiswa. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa dan memberikan peluang pada system pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa lebih kolaboratif, serta terlibat secara aktif dalam menyelesaikan proyek- proyek secara mandiri dan dapat bekerjasama secara tim. Ini akan membantu mahasiswa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya kelak.


Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini dapat merancang dan memasang instalasi Listrik untuk penerangan di Geraja Babtis Pengharapan  sebanyak 10 titik lanpu dan 4 titik stop kontak.


 


 

Published
Jun 29, 2024
How to Cite
SAWIDIN, Sukandar et al. PERANCANGAN DAN PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK PENERANGAN DI GEREJA BAPTIS PENGHARAPAN CABANG TOMOHON. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 5-9, june 2024. ISSN 2797-4065. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/931>. Date accessed: 02 july 2024.