Optimasi Sistem Hibrid PV-Diesel Untuk Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar Di Desa Tagalaya, Pulau Tagalaya, Halmahera Utara

  • Leony Ariesta Wenno Politeknik Negeri Manado
  • Marson James Budiman Politeknik Negeri Manado
  • Deitje S. Pongoh Politeknik Negeri Manado
  • Fitria Claudya Lahinta Politeknik Negeri Manado
  • Dwars Soukotta Politeknik Negeri Manado
  • Adelaida Joroh Politeknik Negeri Manado

Abstract

Pulau Tagalaya di Halmahera Utara merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menggunakan energi hibrid diesel dan solar sel (PV) untuk memenuhi kebutuhan listrik penduduk desa. Pemda Kabupaten Halmahera Utara tidak memungut biaya pemeliharaan sistem karena rendahnya pendapatan warga. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduknya adalah nelayan, buruh, dan petani. Oleh karena itu biaya pengoperasian sistem harus rendah. Tujuan dariĀ  penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pemakaian bahan bakar pada sistem PV-diesel hybrid dengan beban weekday dan weekend untuk menekan biaya bahan bakar dengan menggunakan metode Particle Swarm Optimization (PSO).


Studi ini dibagi menjadi dua skenario, yaitu skenario diesel only dan skenario PV-diesel. Pada skenario diesel saja, dengan iuran wajib penduduk adalah Rp 50.400.000,00 dalam satu tahun dan total biaya bahan bakar per tahun adalah Rp 48.639.000,00, menyebabkan sisa biaya yang ditanggung penduduk desa Tagalaya hanya 3,49% dari iuran desa. Dalam skenario kedua hibrid PV-diesel, total biaya konsumsi bahan bakar tahunan adalah Rp0,00. Dari biaya utilitas dan total biaya konsumsi bahan bakarĀ  dalam skenario tersebut, penduduk desa Tagalaya bisa memiliki sisa biaya sebesar 100% dari pembayaran iuran desa.

Published
Jul 1, 2023
How to Cite
WENNO, Leony Ariesta et al. Optimasi Sistem Hibrid PV-Diesel Untuk Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar Di Desa Tagalaya, Pulau Tagalaya, Halmahera Utara. Jurnal Elektrik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-9, july 2023. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/elektrik/article/view/675>. Date accessed: 18 may 2024.

Most read articles by the same author(s)