Analisis Kalkulasi Biaya Aktivitas dalam Menghitung Harga Pokok Produksi Beras Petani Padi di Desa Tumaluntung, Kecamatan Tareran

  • Maykel A. Tampenawas Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Roslina H. S. D. Limpeleh Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Manado
  • Jufry Rompas Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemakaian kalkulasi biaya aktivitas dalam menghitung harga pokok produksi beras petani padi yang ada di Desa Tumaluntung, Kecamatan Tareran, Minahasa Selatan. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode snowball sampling untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai norma-norma keilmuan yang berlaku. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data induktif di mana dari data-data yang terkumpul kemudian diolah dan digunakan sebagai fakta-fakta khusus, untuk kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian kalkulasi biaya aktivitas dalam menghitung harga pokok produksi beras petani padi yang ada di Desa Tumaluntung belum pernah dilakukan sehingga para petani padi tidak dapat mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi atas usaha yang dijalankan. Hal ini dapat dilihat dari cara pengolahan usaha dan hasil pendapatan yang didapat yang belum maksimal.


Kata kunci: Biaya Aktivitas, Harga Pokok Produksi, Pendapatan

Published
Nov 23, 2023
How to Cite
TAMPENAWAS, Maykel A.; LIMPELEH, Roslina H. S. D.; ROMPAS, Jufry. Analisis Kalkulasi Biaya Aktivitas dalam Menghitung Harga Pokok Produksi Beras Petani Padi di Desa Tumaluntung, Kecamatan Tareran. JURNAL AKUNTANSI VOKASI, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 19-30, nov. 2023. ISSN 2963-3761. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/jav/article/view/767>. Date accessed: 27 july 2024.