Mikrosimulasi Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Kawangkoan-Tomohon)

Penulis

  • Gisela Ondang Universitas Sam Ratulangi
  • Lucia Ingrid Regina Lefrandt
  • Audie Lexie Egbert Rumayar

DOI:

https://doi.org/10.47600/jtst.v6i1.723

Abstrak

Kemacetan yang sering terjadi di ruas Jalan Raya Kawangkoan Tomohon merupakan dampak dari industri kuliner di kawasan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kinerja ruas jalan yang dapat diukur dari Tingkat Pelayanan (Level of Service) jalan. Dari survei lapangan diperoleh data volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan hambatan samping kemudian dianalisa menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Untuk hasil yang lebih relevan seiring dengan perkembangan ilmu transportasi dilakukan pemodelan mikrosimulasi menggunakan software VISSIM dengan menginput data volume kendaraan dan kecepatan kendaraan pada jam sibuk. Model yang di dapatkan kemudian di kalibrasi pada parameter driving behavior untuk menyesuaikan dengan kondisi eksisting agar dapat mewakili kondisi lapangan. Setelah itu dilakukan validasi model dengan uji statistik Geoffrey E. Havers (GEH) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Berdasarkan hasil analisa ruas Jalan Raya Kawangkoan-Tomohon dengan metode MKJI Tingkat Pelayanan B, sedangankan dari mikrosimulasi model pada software VISSIM Tingkat Pelayanan A. Artinya ruas jalan Raya Kawangkoan-Tomohon mampu melayani arus lalu lintas yang ada namun untuk kualitas kinerja jalan yang lebih baik diperlukan lahan parkir tambahan, larangan berheti kendaraan di sembarang tempat serta meningkatkan disiplin pejalan kaki.

 

Kata kunci— Kinerja ruas Jalan, MKJI 1997, Software Vissim , Tingkat Pelayanan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-04

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama