STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAKSO “TN†DI DESA SULUUN KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Keywords:
Strategi pemasaran, strategi agresif, baksoAbstract
Meningkatnya jumlah UKM di Kota Manado telah membawa perubahan dalam perekonomian masyarakat. Namun kurangnya pengetahuan pemasaran serta tehnologi menyebabkan kegiatan penjualan UKM hanya dilakukan secara tradisional yakni menjual secara langsung ke end user. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor factor tang mempengaruhi penjualan produk bakso baik faktor internal, factor eksternal maupun factor peluang dan factor tantangannya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Strategi marketing yang sebaiknya digunakan oleh usaha produk bakso TN ini. Untuk mencapai tujuan ini maka digunakan metode penelitian dengan analisis SWOT. Hasil yang telah diperoleh dari hasil analisis yaitu bahwa Usaha produk Bakso memiliki kekuatan yakni: harga produk terjangkau, bakso dibuat secara manusal, kualis bahan baku terbaik, sikap yang ramah. Factor kelemahan seperti: banyak pesaing, kurang variasi produk, keterbatasan modal usaha, kurang promosi, lokasi usaha kurang strategis.Identifikasi factor pelaung: mengikuti permintaan konsumen, minat konsumen terhadap bakso tinggi, kemajuan tehnologi dan informasi, banyak event kuliner. Factor ancaman yakni: harga yang tidak stabil, promosi pesaing, konsumen sensitive harga, isu daging non halal, pesaing bakso makin banyak. berdasarkan hasil penelitian ini maka Stragei terbaik yang hasrus dilakukan usaha produk bakso berada pada kuadran 1, sehingga UKM baksi TN perlu melakukan strategi agrasif.