Pengembangan UI/UX Platform E-Learning Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado
Kata Kunci:
E-Learning, UI/UX, Design Thinking, Black Box Testing, System Usability Scale, Politeknik Negeri Manado, Teknik ElektroAbstrak
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan tampilan antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada platform e-learning yang diterapkan di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengembangan adalah Design Thinking, yang melibatkan lima langkah inti, yakni Empathize (Berempati), Define (Menentukan Masalah), Ideate (Menghasilkan Ide), Prototype (Membuat Prototipe) dan terakhir Test (Pengujian). Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta evaluasi desain oleh pengguna akhir. Selain itu, untuk menilai tingkat kegunaan sistem, digunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan partisipasi dari 150 responden. Hasil evaluasi menunjukkan skor rata-rata berada pada kategori "cukup baik", yang mencerminkan bahwa platform ini mudah digunakan dan diterima oleh pengguna. Secara keseluruhan, platform e-learning yang dikembangkan memberikan peningkatan pada aspek kemudahan navigasi, kenyamanan visual, dan kepuasan pengguna dalam mengakses materi pembelajaran.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anritsu S.Ch. Polii, Fitria Claudya Lahinta, Indahwati Agus, Muchdar Daeng Patabo, Samsu Tuwongkesong, Fanny Jouke Doringin, Maureen Langie

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



