Pengembangan UI/UX Platform E-Learning Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado

Penulis

  • Anritsu S.Ch. Polii Manado State Polytechnic
  • Fitria Claudya Lahinta Politeknik Negeri Manado
  • Indahwati Agus Politeknik Negeri Manado
  • Muchdar Daeng Patabo Politeknik Negeri Manado
  • Samsu Tuwongkesong Politeknik Negeri Manado
  • Fanny Jouke Doringin Politeknik Negeri Manado
  • Maureen Langie Politeknik Negeri Manado

Kata Kunci:

E-Learning, UI/UX, Design Thinking, Black Box Testing, System Usability Scale, Politeknik Negeri Manado, Teknik Elektro

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan tampilan antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada platform e-learning yang diterapkan di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado. Pendekatan yang digunakan dalam proses pengembangan adalah Design Thinking, yang melibatkan lima langkah inti, yakni Empathize (Berempati), Define (Menentukan Masalah), Ideate (Menghasilkan Ide), Prototype (Membuat Prototipe) dan terakhir Test (Pengujian). Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta evaluasi desain oleh pengguna akhir. Selain itu, untuk menilai tingkat kegunaan sistem, digunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan partisipasi dari 150 responden. Hasil evaluasi menunjukkan skor rata-rata berada pada kategori "cukup baik", yang mencerminkan bahwa platform ini mudah digunakan dan diterima oleh pengguna. Secara keseluruhan, platform e-learning yang dikembangkan memberikan peningkatan pada aspek kemudahan navigasi, kenyamanan visual, dan kepuasan pengguna dalam mengakses materi pembelajaran.

Biografi Penulis

Anritsu S.Ch. Polii, Manado State Polytechnic

Informatics Engineering,
Department of Electrical Engineering.

Google Scholar ID : XEdjKE4AAAAJ
Scopus Author ID : 57193871858
ORCID ID: 0000-0001-6778-9980

Principal Contacts of:

  1. Proceedings of Poster Abstract KCIC 2016
  2. Jurnal Vokasi POLISAINS

Program Chair of International Conference KCIC 2016

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-26