Panel Kontrol Automatic Transfer Switch Berbasis Supervisory Control and Data Acquisition

  • Yoice Rita Putung Politeknik Negeri Manado
  • Sukandar Sawidin Teknik Listrik, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Tracy M Kereh Teknik Informatika, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Herry Setiawan Langi Teknik Informatika, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado
  • Muchdar Dg. Patabo Teknik Listrik, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado, Manado

Abstract

Sistem kontrol Panel Automatic Transfer Switch (ATS) berperan penting dalam mengatur aliran daya antara sumber listrik utama dan sumber cadangan dalam rangka memastikan pasokan listrik yang terus menerus ke beban. Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kehandalan operasi ATS, menggabungkan teknologi Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA).


Perancangan sistem kontrol Panel ATS berbasis SCADA bertujuan untuk mengoptimalkan operasi dan pengendalian ATS secara otomatis. Metode yang digunakan melibatkan penggunaan sensor dan perangkat pemantauan yang terhubung ke jaringan SCADA. Data yang terkumpul dari perangkat ini akan diproses dan dianalisis oleh sistem SCADA untuk mengawasi dan mengontrol kinerja ATS.


Sistem SCADA memungkinkan operator untuk memantau kondisi ATS secara real-time, dalam situasi di mana terdeteksi gangguan atau kegagalan pada sumber listrik utama, sistem SCADA akan secara otomatis mengaktifkan ATS untuk melakukan peralihan ke sumber cadangan. Ini mengurangi waktu pemulihan dan memastikan kelangsungan pasokan listrik yang tidak terputus ke beban


Melalui perancangan ini, diharapkan bahwa sistem kontrol Panel ATS berbasis SCADA dapat meningkatkan keandalan, ketersediaan, dan efisiensi ATS. Dengan pemantauan real-time, kemampuan kontrol otomatis, dan pengaturan prioritas yang disediakan oleh sistem SCADA, operasi ATS dapat lebih responsif terhadap gangguan listrik dan meminimalkan dampak negatif pada beban

Published
Dec 15, 2023
How to Cite
PUTUNG, Yoice Rita et al. Panel Kontrol Automatic Transfer Switch Berbasis Supervisory Control and Data Acquisition. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 270-276, dec. 2023. ISSN 2961-7790. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/815>. Date accessed: 01 may 2024.