MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI PEDAGANG IKAN WANITA DI DESA MINAESA KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTARA

  • Nancy H Mandey Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado
  • Mikke Marentek Jurusan Administasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  dilaksanakan di Desa Minaesa, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Mitra kegiatan ini adalah wanita pedagang ikan asap yang belum mampu memasarkan produknya secara luas karena pengetahuan tentang kegiatan pemasaran terbatas dan juga diversifikasi produk ikan asap yang belum ada. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah 1). Terjadi transfer ilmu dari tim pengabdi kepada mitra melalui  penyuluhan yang akan diberikan oleh Tim pengabdi yang terdiri dari dosen-dosen Prodi Marketing berkaitan dengan digital marketing  2). Mendampingi mitra  melakukan diversifikasi produk. Kegiatan ini akan berkolaborasi dengan para mahasiswa Prodi Marketing dan Tim pengabdi untuk membuat diversifikasi ikan asap yakni abon ikan. 3). Memberikan support kepada mitra agar mampu memasarkan ikan asap dan abon ikan pasar yang lebih luas. Untuk mendukung hal itu maka mitra akan mendapat edukasi dan pendampingan mengenai cara  menggunakan aplikasi e-marketing melalui platform facebook dan instagram. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup mitra dan juga masyarakat di desa MInaesa secara umum. Adapun pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini dikemas dalam 3 (tiga) tahapan sebagai alur pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini dimulai dari, 1) Tahap persiapan, 2) Tahap pelaksanaan, dan 3) Tahap evaluasi.


Adapun kegiatan sudah terlaksana dengan kegiatan pemberian penyuluhan tentang pentingnya pemasaran serta bagaimana menjual secara online. selain penyuluhan juga diserahkan 1 (satu) buah handphone merek Nokia serta keranjang tempat meletakkan ikan yang sudah selesai di Asap. Kegiatan diikuti oleh Mitra dan tim dosen serta mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran.

Published
Jun 30, 2023
How to Cite
MANDEY, Nancy H; MARENTEK, Mikke. MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MELALUI PEDAGANG IKAN WANITA DI DESA MINAESA KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTARA. JURNAL UMBANUA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1, june 2023. ISSN 2797-4065. Available at: <http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/umbanua/article/view/673>. Date accessed: 27 july 2024.