Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Panjang Antrian Kendaraan Pada Simpang Bersinyal Jalan Yos Sudarso Paal 2.
Abstract
Jumlah Kendaraan yang semakin lama semakin bertambah sangat mempengaruhi kondisi lalu lintas. Bahkan Bertambahnya jumlah kendaraan Sepeda motor sangat mempengaruhi kondisi suatu ruas jalan. Pertumbuhan jumlah kendaraan sepeda motor yang cukup tinggi di Indonesia dari tahun ke tahun yang sulit dibendung. Penelitian ini bertujuan Menganalisis Karakteristik lalu lintas Simpang Bersinyal dan pengaruh proporsi Sepeda Motor Terhadap Panjang Antrian Kendaraan pada simpang bersinyal jalan Yos Sudarso Paal 2. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari di simpang bersinyal jalan Yos Sudarso Paal 2. Data yang diambil yaitu Volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, geometrik jalan, dan durasi lampu lalu lintas. Analisis data diawali dengan menghitung nilai kepadatan lalu lintas kemudian menghitung karakteristik lalu lintas antara Volume, kecepatan dan kepadatan. Karakteristik lalu lintas dihitung dengan metode Greenshield, Greenberg dan Underwood. Hasil dari perhitungan Karakteristik lalu lintas diambil nilai koefisien Determinasi (R2) tertinggi kemudian dilanjutkan dengan perhitungan Gelombang Kejut (Shockwave). Penelitian ini dilanjutkan dengan pembagian Proporsi Sepeda Motor untuk setiap ruas Jalan. Pemodelan simulasi lalu lintas dengan Software PTV. Vissim, untuk membandingkan hasil Nilai Panjang antrian dengan hasil Hitungan Analisa Gelombang Kejut. Pada kondisi volume maksimum berdasarkan hasil Analisa gelombang kejut didapatkan nilai Panjang antrian 1171,11 untuk jalan pendekat Tikala, 645,78 m untuk jalan pendekat Kairagi, 452,45 m untuk jalan pendekat perkamil dan 210,76 m untuk jalan pendekat Terminal paal 2. Pada hasil simulasi PTV. Vissim diperoleh Nilai Panjang antrian 219,29 m untuk jalan pendekat tikala, 469,81 m untuk jalan pendekat kairagi, 237,73 m untuk jalan pendekat perkamil dan 149,01 m untuk jalan pendekat terminal paal 2. Bertambahnya proporsi sepeda motor pada suatu ruas jalan maka secara langsung Panjang antrian kendaraan juga akan meningkat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COPYRIGHT
Jurnal Teknik Sipil Terapan is published under the terms of the Creative Commons Attribution-BY.
LICENSE TO PUBLISH
The use of the journals published in JTST is be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.