Pengaruh Jumlah Sepeda Motor Terhadap Tundaan Lalu Lintas (Studi kasus: Jalan Sam Ratulangi Manado)
Abstract
Kota Manado merupakan kota yang berkembang pesat sebagai perekonomian Sulawesi Utara. Perkembangan yang terjadi secara tidak langsung menyebabkan permasalahan seperti kemacetan yang menyebabkan tundaan arus lalu-lintas. Contohnya yang terjadi di Jln. Sam Raturangi. Permasalahan tersebut merupakan topik penelitian ini. Untuk dapat memahami masalah di atas maka perlu menganalisa karakteristik lalu-lintas dengan panjabaran kedalam hubungan Flow, Speed, dan Density dengan model Greenshield dan menganalisa seberapa besar pengaruh sepeda motor tundaan dengan menggunakan simulasi Vissim. Pengambilan data primer dilakukan secara langsung di lokasi penelitian yaitu, data geometrik, volume kendaraan, kecepatan kendaraan. Data sekunder yang dibutuhkan, seperti peta lokasi dan data jumlah penduduk, didapatkan dari instansi terkait. Analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Model Greenshield dan Simulasi Vissim. Survey dilakukan selama 3 hari yaitu sabtu, senin, dan kamis pada jam 06:00 WITA sampai 20:00 WITA. Hasil Analisa dengan menggunakkan model Greenshield di dapatakan hasil survey selama 3 (tiga) hari. Skenario 21%-49% kendaraan sepeda motor di dapat kapasitas = 2539,253 skr/jam, Kecepatan =33,38 km/jam, 50%-59% kendaraan sepeda motor di peroleh kapasitas = 2419,548 skr/jam, kecepatan = 334,008 km/jam, dan 60%-72% kendaraan sepeda motor diperoleh kapasitas = 2417,767 skr/jam, kecepatan = 37,756 km/jam. Dan dengan Simulasi PTV Vissim scenario 30% kendaraan bermotor di dapat tundaan 19,96 detik, scenario 50% di dapat tundaan 15,5 detik dan skenario 60% di dapat tundaan 11,44 detik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan semakin tinggi jumlah kendaraan sepeda motor, tundaan semakin rendah atau menurun.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
COPYRIGHT
Jurnal Teknik Sipil Terapan is published under the terms of the Creative Commons Attribution-BY.
LICENSE TO PUBLISH
The use of the journals published in JTST is be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.