PENGARUH SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN ALAT TULIS KANTOR TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PADA PT. BANK SULUTGO CAPEM RANOTANA
PENGARUH SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN ALAT TULIS KANTOR TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PADA PT. BANK SULUTGO CAPEM RANOTANA
Keywords:
Persediaan, Alat Tulis Kantor, Pengendalian InternAbstract
Setiap entitas mempunyai aset yang disebut persediaan. Dalam mengolah persediaan diperlukan adanya sistem informasi sehingga persediaan dapat diolah dengan baik dan tidak menyebabkan hambatan terhadap aktivitas perusahaan seperti pengendalian intern perusahaan. Salah satu sistem informasi yang digunakan adalah Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor. Dengan adanya Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor, persediaan alat tulis dapat diolah dengan lebih mudah. Adapun tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui bagaimana Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor pada PT. Bank SulutGo Capem Ranotana, apakah Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor berpengaruh terhadap Pengendalian Intern pada PT. Bank SulutGo Capem Ranotana dan Bagaimina implementasi Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor untuk meningkatkan Pengendalian Intern pada PT. Bank SulutGo Capem Ranotana. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenonema atau masalah yang terjadi pada suatu objek penelitian. Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan alat kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi yang diambil adalah karyawan PT. Bank SulutGo Capem Ranotana dengan jumlah 26 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Sedangkan hasil analisis penelitian koefisien kolerasi menunjukkan bahwa Sistem Informasi Persediaan Alat Tulis Kantor memiliki hubungan yang kuat dan signifikan untuk meningkatkan Pengendalian Intern pada PT. Bank SulutGo Capem Ranotana