Konsep Pencegahan Kematian Ikan Hias Dengan Sistem IoT Terintegrasi Energi Surya Pada Usaha Ikan Skala Besar

  • Stieven Netanel Rumokoy Politeknik Negeri Manado
  • Chelin S. Tumiwa Politeknik Negeri Manado
  • Andreas C. Y. Lengkey Politeknik Negeri Manado
  • Putri Kapiso Politeknik Negeri Manado
  • Tesalonika Maundeng Politeknik Negeri Manado
  • Lang-lang Gumilar Universitas Negeri malang
  • Dezetty Monika Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Keberlangsungan budidaya ikan hias menggunakan aquarium sangat bergantung pada energi listrik. Pada umumnya, sirkulasi air membutuhkan pompa listrik untuk tenaga penggeraknya. Pada khasus pemadaman dari sumber listrik utama, pengusaha ikan hias perlu mempersiapkan cadangan sumber energi listrik mandiri. Dalam usaha peternakan ikan skala besar. Faktor lainnya yang perlu dijaga dalam pemeliharaan ikan hias adalah ketepatan pemberian makan, pH air, pencahayaan, dan sistem monitoring visual. Kelalaian dalam pengaturan hal-hal diatas dapat beresiko matinya ikan hias.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan konsep pengaturan otomatis pemeliharaan ikan hias dengan sistem PLTS sebagai backup energi. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dari studi literatur yang kemudian dilanjutkan dengan perancangan konsep sistem kontrol. Konsep sistem kontrol dan monitoring proses pemeliharaan berdasarkan sistem IoT. Konsep sistem kemudian dirancang dengan sumber energi surya untuk backup energi. Berdasarkan skenario sistem kontrol pemeliharaan ikan dengan sistem ini akan mencegah kematian ikan pada usaha peternak ikan hias.

Published
Dec 30, 2023
How to Cite
RUMOKOY, Stieven Netanel et al. Konsep Pencegahan Kematian Ikan Hias Dengan Sistem IoT Terintegrasi Energi Surya Pada Usaha Ikan Skala Besar. Jurnal Elektrik, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-7, dec. 2023. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/elektrik/article/view/706>. Date accessed: 27 july 2024.

Most read articles by the same author(s)