BUSINESS MODEL LEAN CANVAS BERBASIS USAHA RINTISAN DI DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS LIKUPANG KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA

  • Agustinus Walansendow Jurusan administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado
  • Geofane Daud Jurusan administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Startup merupakan organisasi yang dirancang untuk menciptakan produk atau layanan di bawah kondisi yang tidak pasti Startup yang sukses bukan berasal dari pendahulunya yang berhasil tetapi dapat dipelajari dan dapat diajarkan. Tujuan Penelitian adalah pertama Merancang suatu model business lean kanvas yang cocok untuk UMKM di Destinasi Pariwisata Super prioritas Likupang Kabupaten Minahasa Utara kemudian yang kedua Menentukan map model Bisnis Canvas Bagi UMKM kuliner dan UMKM Kerajinan dan yang ketiga  Menjelaskan penggunaan Bisnis Model Canvas Bagi UMKM Kuliner dan UMKM Kerajinan, UMKM kuliner dan UMKM Kerajinan sebagai salah satu rintisan dalam penyediaan makanan dan minuman serta cendra mata menawarkan kemudahan dan menyediakan pemasaran yang telah disediakan, dengan menggunakan Lean Canvas dalam menentukan ide dan dokumentasi dalam melangkah dan memutuskan sasaran pasar sehingga akan membuat UMKM dan juga pelanggan dari UMKM tersebut akan mendapatkan banyak kemudahan dan lebih menghemat biaya. Penerapan bisnis model seperti Business Model Canvas dan Lean Canvas dalam startup UMKM Kuliner dan UMKM Kerajinan bertujuan untuk mewakili bagaimana suatu perusahaan bisa beroperasi dan dapat menggambarkan suatu hubungan dari pengembang teknologi yang dapat menghasilkan suatu nilai ekonomi. Lean Canvas lebih berfokus pada masalah dan sebagai alat untuk menyederhanakan dan mendokumentasikan model bisnis serta mengukur kemajuan dalam bisnis.

Published
Apr 29, 2023
How to Cite
WALANSENDOW, Agustinus; DAUD, Geofane. BUSINESS MODEL LEAN CANVAS BERBASIS USAHA RINTISAN DI DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS LIKUPANG KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA. MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN, [S.l.], v. 5, n. 1 APRIL, p. 61-78, apr. 2023. ISSN 2720-9504. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/592>. Date accessed: 07 july 2024.