ANALISIS LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA LIWUTUNG KECAMATAN PASAN

  • Margaretha Rundengan Jurusan administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado
  • Silvy Sambuaga Jurusan administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado
  • Mercy Ariane Lumare Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado

Abstract

Program Bumdes merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memacu dan memicu pertumbuhan perekonomian di desa sehingga kesejahteraan masyarakat di desa meningkat. Apabila kesejahteraan meningkat maka pendapatan juga akan meningkat dengan demikian daya beli masyarakat juga meningkat yang pada akhirnya perputaran roda perekonomian lancar. Demikian halnya dengan Badan Usaha Milik Desa yang ada di kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara yang teridiri dari 11 Desa dan masing-masing memiliki 1 unit Badan Usaha Milik Desa, akan tetapi sejak dibentuk 5 tahun yang lalu hingga saat ini, sulit berkembang. Bidang usaha yang dijalankan masih terbatas pada unit simpan pinjam dan beberapa yang membuka usaha menuual bahan pertanian (SAPRODI). Untuk kebutuhan pokok belum berjalan dengan alasan modal yang sangat terbatas. Anggaran dana Desa yang disisihkan untuk kegiatan Bumdes berkisar antara 25 juta s/d 40 juta. Beberapa permasalahan yang dijumpai pada saat praobservasi anatara laianĀ  system manajerial, Modal, tempat usaha, Informasi kepada masyarakat, Visi dan Misi, Rencana jangka Panjang, Sistem Pelaporan Keuangan, Akuntabilitas dan masalah lain yang belum terungkap. Untuk membantu merubah mindset terhadap pengelolaan Bumdes, maka langkah awal dilakukan penelitian dengan judul Analisa Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Bumdes di Desa Liwutung Kecamatan Pasan.

Published
Apr 29, 2023
How to Cite
RUNDENGAN, Margaretha; SAMBUAGA, Silvy; LUMARE, Mercy Ariane. ANALISIS LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA LIWUTUNG KECAMATAN PASAN. MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN, [S.l.], v. 5, n. 1 APRIL, p. 106-116, apr. 2023. ISSN 2720-9504. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/595>. Date accessed: 07 july 2024.