PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EMAS DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CP MANADO SELATAN
Abstract
Dasar dari manajemen pemasaran adalah penerapan kegiatannya yakni, kegiatan
pemasaran. Salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan adalah promosi. Promosi
menjadi penunjang kegiatan pemasaran suatu produk untuk meningkatkan pengetahuan
publik sehingga dapat mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk, dengan
begitu akan meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di PT. Pegadaian (Persero) CP Manado
Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode penelitian menggunakan
metode penelitian deskriptif. Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi
dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi yang diambil
dalam penelitian ini sebanyak 350 orang pelanggan PT. Pegadaian (Persero) CP Manado
Selatan. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 78 orang pelanggan dengan
menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel Non Propability Sampling
dengan metode Accidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif, total skor, analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil analisis penelitian nilai
koefisien korelasi r = 0,703 menunjukkan bahwa Promosi memiliki hubungan yang kuat
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di PT. Pegadaian (Persero) CP Manado
Selatan. Nilai Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa peningkatan Keputusan
pembelian, 49,5% dipengaruhi oleh Promosi sedangkan sisanya 50,5% dipengaruhi faktor
lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa Promosi mempunyai pengaruh terhadap
Keputusan Pembelian Emas di PT. Pegadaian (Persero) CP Manado Selatan. Untuk itu
penerapan kegiatan Promosi perlu diperhatikan oleh pimpinan perusahaan terlebih tenaga
penjual, yaitu dengan lebih memperhatikan dan mencermati hal-hal yang perlu
ditingkatkan mengenai Promosi produk kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan
Keputusan Pembelian Emas.