ENGARUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII DI SMK BARAMULI PINRANG

  • Nisba Silvana Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Baramuli Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data didapatkan dari SMK Baramuli Pinrang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 117 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 91 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi dasar (uji normalitas, uji linearitas), dan uji hipotesis (uji analisis regresi linear sederhana dan uji-t). Hasil penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh antara mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Baramuli Pinrang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji analisis regresi linear sederhana, dimana nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikategorikan signifikan dan diperkuat dengan hasil uji-t, dimana nilai thitung 9,207 > ttabel 2,369 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
SILVANA, Nisba. ENGARUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII DI SMK BARAMULI PINRANG. MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN, [S.l.], v. 5, n. 3 Desember, p. 24-32, dec. 2023. ISSN 2720-9504. Available at: <https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/866>. Date accessed: 27 july 2024.